Cara Budidaya Ikan Oscar yang Benar untuk Pemula

Begini cara budidaya ikan oscar dari pemilihan indukan sampai pemeliharaan dan pembesaran. Simak informasi berikut!

Seperti yang Anda ketahui, ikan oscar merupakan jenis ikan hias yang sangat cantik dan unik. Cara budidaya ikan oscar pun perlu perlakuan khusus. Berbeda dengan budidaya ikan cupang, budidaya ikan oscar memerlukan keseriusan agar menghasilkan jenis ikan oscar yang bagus dan berbeda dengan jenis ikan hias lainnya.

Bagi pemula yang ingin mengetahui cara budidaya ikan oscar yang benar, berikut beberapa langkah yang harus dilakukan. Akan tetapi, sebelum mengetahui cara budidaya ikan oscar yang benar, Anda harus terlebih dahulu mengenali seperti apa karakter ikan oscar ini.

Cara Budidaya Ikan Oscar dengan Memahami Karakter Ikan

Sebagian dari Anda tidak hanya gemar memelihara ikan oscar, namun ada juga yang membudidayakannya untuk dijual kembali karena penggemar ikan oscar ini yang semakin meluas.

Habitat asli ikan oscar ini berasal dari Amerika Selatan. Oleh karena itu, untuk mencukupi kebutuhan pasar yang permintaannya selalu tinggi, dilakukanlah teknik budidaya.

Ikan oscar berasal dari sungai yang mempunyai tingkat keasaman tinggi. Meski demikian, ikan ini dapat menyesuaikan hampir di segala kondisi air. Akan tetapi, demi kenyamanannya, Anda perlu mengkondisikan suhu air antara 26-30 derajat celcius dan memberi dasar akuarium dengan pasir dan beberapa batuan besar.

Ikan oscar dapat mencapai ukuran 35 cm, namun rata-rata ikan ini berukuran maksimal 30 cm. Ikan oscar juga termasuk ikan yang cerdas, inilah yang menjadi salah satu faktor orang-orang menggemari pada oscar.

Cara Budidaya Ikan Oscar yang Benar

cara budidaya ikan oscar
cara budidaya ikan oscar

Sebenarnya cara budidaya ikan oscar tidak jauh berbeda dengan ikan hias lainnya. Hanya saja, ikan oscar memiliki karakteristik khas yang perlu disesuaikan dengan teknis perawatannya. Berikut ini beberapa cara budidaya ikan oscar yang benar menurut Rasbora.id:

1. Pilih Indukan

Indukan yang baik atau yang siap dikembangkan sudah berumur sekitar 1,5 – 2 tahun. Memiliki panjang tubuh ± 15 cm, tinggi ± 10 cm dan mempunyai warna yang cerah. Sejak ikan berumur 5 – 6 bulan, pemilihan indukan sudah saatnya dilakukan.

Anda bisa memasukkan ikan oscar jantan dan betina yang masing-masing sebanyak 5 ekor ke dalam wadah. Selanjutnya, biarkan mereka mencari pasangan masing-masing. Setelah saling berpasangan, maka Anda bisa pisahkan di bak tersendiri.

2. Memahami Perbedaan Induk Jantan dan Betina

Ada beberapa hal yang harus dipahami untuk membedakan induk oscar jantan ataupun betina. Induk oscar jantan memiliki tubuh yang relatif lebih panjang atau lebar dan alat kelamin pada induk oscar jantan cenderung lebih menonjol keluar dibanding induk oscar betina.

Sedangkan induk oscar betina memiliki lubang kelamin yang besar dan apabila induk yang telah matang, perutnya lebih gendut.

3. Pemijahan

Ada beberapa tahapan untuk pemijahan, di antaranya yakni: 

(1) Siapkan kolam berukuran 1.5x1x0.5 meter, isi dengan air setinggi 30 – 40 cm, beri sekat apabila ukuran kolam terlalu luas, masukkan indukan ikan oscar ke dalam kolam; 

(2) Masukkan batu ceper warna gelar, agar membuat kondisi kolam menyerupai habitat aslinya; 

(3) Anda bisa memindahkan telur yang telah dibuahi ke dalam akuarium yang berukuran 70x40x10 cm dengan air setinggi 10 cm, tunggu sampai 25 hari, selanjutnya benih siap dipindah ke wadah yang ukurannya lebih luas. 

Ikan oscar ini mampu memproduksi telur sekitar 1000 – 3000 butir.

4. Pembesaran

Untuk pembesaran sebaiknya diletakkan ke dalam wadah yang berukuran 2x1x3 m, lalu diisi dengan air setinggi 20 – 25 cm untuk 300 ekor anakan oscar. Anda bisa menambahkan tumbuhan air, misalnya eceng gondok supaya matahari yang masuk ke dalam kolam tidak terlalu terik. 

Pada saat musim hujan, tutup kolam menggunakan seng plastik agar air yang masuk bisa dikendalikan.

Setelah dua bulan, Anda perlu memberikan cacing rambut sebagai pakan. Kemudian 5 – 6 bulan, ganti pakan dengan udang hidup atau udang rebon segar. Pada saat itu, Anda sudah bisa memulai melakukan seleksi ikan untuk dijadikan indukan lagi.

5. Pencahayaan yang Baik pada Akuarium

Untuk memperoleh pencahayaan yang pas supaya mendapat hasil bibit ikan oscar yang baik, maka diperlukan pencahayaan yang cukup. Anda perlu menutup sebagian wadah akuarium dengan menggunakan koran. 

Sebab, pencahayaan yang terlalu besar akan merusak tubuh ikan oscar yang begitu sensitif. Sebenarnya, cahaya yang baik untuk ikan oscar adalah cahaya buatan, seperti lampu dan bukan cahaya alami.

6. Pembersihan Akuarium secara Rutin

Pembersihan akuarium secara rutin perlu dilakukan untuk menjaga ikan oscar agar tetap terawat dan mengembangbiakkannya. Anda dapat melakukan pembersihan akuarium seminggu sekali untuk menghilangkan kotoran yang menempel pada dinding akuarium. 

Selain itu, akuarium yang bersih dapat membuat ikan semakin nyaman berada di akuarium dengan tidak adanya biota lain di dalamnya.

Demikian ulasan mengenai cara budidaya ikan oscar yang benar untuk pemula. Ikan oscar akan tumbuh dengan baik dan memiliki corak yang menarik apabila cara pemeliharaannya benar. Semoga artikel cara budidaya ikan oscar ini bermanfaat untuk Anda yang masih sebagai pemula.

1 komentar

  1. Tulisannya nyonya Romafi emang juossss
© Rasbora.ID. All rights reserved. Developed by Jago Desain