Rangkaian Ombyok Wader, Cara Mancing Tanpa Ribet

Rangkaian ombyok wader adalah teknik memancing yang cukup mudah, tinggal lempar, taruh, dan tunggu ikan makan.

Rangkaian ombyok wader menjadi jawaban untuk pertanyaan bagaimana cara mancing yang tidak ribet? Bagaimana tidak, kalau menggunakan teknik memancing satu ini, Anda cukup melempar umpan, menaruh joran, dan menunggu ikan makan.

Teknik mancing ombyok secara umum untuk sungai besar dan berarus, misalnya di Sungai Brantas. Di sana, target untuk memancing ombyok bukan wader, melainkan tawes, bader abang, dan ikan tipis mengkilap lainnya.

Berikut ini akan kami bahas di blog memancing apa saja bahan, cara membuatnya, dan umpan rekomendasi untuk teknik satu ini.

Wader terbesar
Wader terbesar dengan teknik ini

Bahan Rangkaian Ombyok Wader

  1. Wadah; bisa bekas bungkus pil, es kiko, maupun tutul botol bekas). Namun kami sarankan menggunakan bungkus pil, selain ukurannya yang kecil, warnanya juga transparan.
  2. Kail; ukuran kail 0,5 sampai 2 tergantung wader targetnya. Siapkan sebanyak 4 buah kail, tidak perlu banyak-banyak karena kita hanya menggunakan wadah bungkus pil.
  3. Stopper pancing; ukuran SS atau S, kalau bisa stopper model memanjang (bukan bulat).
  4. Kili-kili pancing; untuk menghubungkan rangkaian ombyok dengan senar utama. Ukuran kili-kili pancing SS atau S.
  5. Ketelatenan; Ini ternyata juga bahan yang Anda butuhkan dalam membuat rangkaian ini. Berbeda dengan rangkaian single hook, ombyok wader terdapat 4 buah kail yang masing-masing harus Anda pasang dengan kuat.

Cara Membuat Rangkaian Ombyok Wader

  1. Lubangi wadah bungkus pil sebanyak 4 menggunakan jarum.
  2. Ikat masing-masing kail ke senar. Tidak perlu memelintir senarnya, karena ini hanya untuk ikan mikro seukuran wader.
  3. Setelah keempat kail tersebut terpasang ke masing-masing senar, selanjutnya kasih stopper. Tujuannya apa? Supaya nanti kail yang berukuran kecil itu tidak masuk ke dalam umpan. Kail tetap berada di atas, jadi ketika ikan makan punya kesempatan lebih besar hook up.
  4. Masukkan masing-masing senar ke lubang wadah yang sudah Anda lubangi.
  5. Tambah stopper untuk mengumpulkan semua senarnya. Masukkan keempat senar ke dalam 1 stopper pancing tersebut. Supaya ketika melemparnya, senar tidak menyangkut ke bebatuan maupun ranting.
  6. Ikat ke kili-kili pancing. Setelah selesai, nanti tinggal menambah timah pemberat di atas kili-kili sebelum menghubungkannya dengan senar utama.

Umpan Rangkaian Ombyok Wader

umpan rangkaian ombyok wader
Contoh umpan untuk rangkaian ombyok wader

Berbicara mengenai umpan, sebenarnya ada cukup banyak yang dapat Anda terapkan. Rekomendasi umpan tersebut antara lain:

  1. Tempe dan roti (sama seperti ombyok di sungai besar)
  2. Tempe dan tepung (lebih ekonomis)

Setelah selesai memancing, umpan yang sisa bisa Anda letakkan di freezer. Jadi saat mau mancing di besok atau lusanya, tinggal ambil umpan tanpa perlu membuatnya lagi.

Hasil rangkaian ombyok wader
Hasil rangkaian ombyok wader

Proses memancing dengan rangkaian ombyok wader sangat sederhana. Anda butuh joran yang sensitif agar melihat pergerakan ujung ketika dimakan ikan. Terkait dengan timah, bisa Anda sesuaikan dengan arus air di spot mancing.

Posting Komentar

© Rasbora.ID. All rights reserved. Developed by Jago Desain