Persiapan Memancing, Perhatikan Hal-Hal Ini sebelum Berangkat

7 persiapan memancing ini diambil dari pengalaman pribadi yang sama-sama mempunyai hobi memancing. Siapkan sebelum berangkat!

Persiapan memancing yang matang perlu Anda lakukan sebagai cara agar tidak boncos. Dengan menyiapkan semua keperluan yang sesuai, maka ketika memancing Anda merasa lebih tenang. Namun ketika Anda lebih memilih ‘langsung berangkat’ tanpa adanya persiapan apapun, itu juga sah-sah saja.

Tidak ada batasan sebagai keharusan dalam melakukan hobi memancing, kan?

Tujuan seorang pemancing menuju spot tidak tunggal. Ada yang tujuannya mendapat ikan, tetapi ada juga yang bertujuan mengisi waktu luang. Bahkan ada yang bertujuan untuk mencari hiburan bersama anak kesayangan.

Persiapan memancing di spot terbaik anti boncos
Menikmati memancing di spot andalan dekat rumah

Apa Saja Persiapan Memancing yang Perlu?

Persiapan umum untuk memancing di pantai, laut, maupun sungai dan danau antara lain: joran, umpan, keramba ikan, dan berbagai piranti yang penting. Selain piranti memancing, ternyata persiapannya ada cukup banyak, berikut daftarnya.

1. Menentukan Spot

Memancing di spot sungai irigasi kecil di sekitar rumah berbeda dengan spot mancing di laut. Sehingga piranti yang perlu Anda bawa juga berbeda.

Ketika memancing di sungai irigasi kecil, umumnya menggunakan piranti micro fishing yang ringkas. Bahkan semua piranti dan perlengkapan pendukung bisa Anda taruh dalam tas selempang. Sedangkan memancing di laut, danau, atau spot yang lumayan jauh. Maka membutuhkan tas pancing ukuran besar untuk menyimpan semua peralatan Anda.

Jangan lupakan tentang bekal, kesehatan Anda juga penting. Kalau sudah mendapat Surat Izin Memancing (SIM) dari istri, pasti suruh bawa bekal jika memancing di spot yang jauh.

2. Target Ikan Jelas

Persiapan berikutnya menentukan target ikan di awal. Target ikan ini berkaitan dengan umpan yang akan Anda gunakan. Jika menggunakan umpan roti, umumnya memancing ikan baronang atau ikan pinggiran di sekitar padas pantai.

Kalau umpan roti untuk memancing di sungai, target utamanya adalah ikan wader, uceng, bader, tawes, nilem, atau kepek.

Umpan cacing, udang, jangkrik, atau jenis live bait lainnya targetnya lebih umum. Dari ikan-ikan di atas hingga ikan predator penghuni spot mancing.

Dengan menentukan target ikan sebagai persiapan memancing, Anda dapat mengetahui jenis umpan yang paling tepat dan jos untuk memancing. Jadi, ini juga sebagai cara agar tidak boncos atau tidak mendapat ikan sama sekali.

3. Keadaan Tubuh Prima

Memancing sebagai healing tentu saja benar, namun kalau kondisi tubuh Anda sedang kurang baik kemudian memancing di tempat yang jauh, lebih baik memulihkan kondisi tubuh dahulu. Tetapi kalau tempatnya dekat rumah, terbuka, aman, dan tidak perlu tenaga berlebihan, maka ini sebagai relaksasi tubuh dan pikiran.

Ingatlah bahwa memancing merupakan salah satu jenis olahraga. Terlebih untuk memancing di laut dengan target ikan besar, tenaga yang Anda butuhkan juga semakin banyak. Oleh sebab itulah, berangkat memancing dengan kondisi prima jauh lebih asyik!

4. Mengetahui Kondisi Air

Kondisi air juga menjadi pertimbangan yang cukup penting, sebaiknya Anda membawa beberapa jenis umpan sebagai cadangannya. Misalnya air dengan arus deras, tidak berarus, air keruh, bening, dan sebagainya.

Contohnya persiapan memancing di awal adalah dari anggapan airnya jernih dengan arus standar. Sehingga Anda hanya menyiapkan umpan lumut dan roti. Sedangkan ketika sampai spot, ternyata airnya keruh dan sangat deras.

Untuk berjaga-jaga atas hal ini, alangkah lebih bagus membawa umpan cacing, jangkrik, udang, atau lainnya. Karena umpan itu cocok untuk air keruh dan deras dengan teknik mancing dasaran.

5. Perlengkapan Pertolongan Pertama

Perlengkapan seperti obat-obatan (khusus untuk pemancing yang membutuhkannya), obat masuk angin, pembalut luka, tali pengikat, atau perlengkapan yang lainnya penting Anda bawa. Terutama saat memancing di tempat yang cukup jauh.

Jangan lupa membawa keramba ikan yang besar, siapa tahu Anda mendapat babon.

6. Jadwal Berangkat dan Pulang

Persiapan memancing berikutnya yaitu menentukan jadwal berangkat dan pulang. Jadi Anda tidak molor dari jadwal tersebut karena terlalu asyik memancing. Kalau sudah menentukan jadwal berangkat dan pulang, tinggal memenuhi jadwal itu.

7. Tanggung Jawab Terpenuhi

Ya, persiapan memancing ini juga cukup penting. Seseorang yang berangkat memancing namun tanggung jawabnya belum terpenuhi atau masih ada tanggungan, tentu saja tidak akan nyaman.

Jangan jadikan hobi memancing sebagai alasan mengabaikan tanggung jawab, ya.

Itulah beberapa persiapan memancing yang sebaiknya Anda penuhi sebelum berangkat. Sehingga dalam menjalani hobi bisa benar-benar asyik, nyaman, dan tenang.

Posting Komentar

© Rasbora.ID. All rights reserved. Developed by Jago Desain