Cara Memancing Udang Kecil di Sungai biar Dapat Banyak

Hanya begini lho cara memancing udang kecil di sungai biar dapat banyak, alatnya sederhana, sensasi tarikannya terasa.

Ternyata sangat mudah cara memancing udang kecil di sungai biar dapat banyak hanya dengan umpan sederhana. Udang kecil di sungai disebut juga sebagai udang rebon atau udang umpan. Ukurannya memang kecil, untuk warnanya mayoritas bening (mendengkati kuning transparan).

Memancing udang kecil bisa menjadi solusi ketika memancing ikan besar tidak kunjung dapat. Sebenarnya, udang ini cukup mudah dalam mencarinya selain memancing.

Kalau kebutuhan Anda adalah menggunakan udang sungai sebagai umpan, lebih baik menggunakan bubu jebakan udang. Masukkan umpan seperti kelapa, pur/pelet, cacing, atau terasi. Anda dapat memilih salah satu umpan tersebut.

Setelah itu, tinggal memasukkan bubu jebakan udang ke sarangnya. Pilih tempat yang dekat dengan tumbuhan air, dangkal, dan di pinggiran. Tunggu kurang lebih 30 menit - 1 jam, angkat jebakan udang dan Anda sudah mendapatkan banyak udang umpan di sana.

Memancing udang kecil berbeda lagi ceritanya. Masuk dalam kategori micro fishing, sebab targetnya adalah udang yang punya ukuran sangat kecil. Tujuannya untuk mencari sensasi tarikan udang, ternyata tarikannya sama-sama luar biasa seperti ketika memancing uceng dan wader.

cara mudah memancing udang kecil
Cara mudah memancing udang kecil

Cara Memancing Udang Kecil di Sungai

Agar mendapat banyak udang, Anda perlu memastikan bahwa di spot tersebut benar-benar ada udangnya. Umumnya, di setiap sungai terdapat udang, namun jumlahnya bisa banyak bisa juga sedikit. Kalau sudah menemukan sungai yang banyak udangnya, berikut cara yang dapat Anda praktikkan.

1. Alat Pancing yang Tepat untuk Memancing Udang Kecil di Sungai

Cara memancing udang kecil di sungai yang pertama berkaitan dengan alatnya. Simak piranti pancing yang tepat untuk target udang rebon ini:

  • a) Gunakan joran super lentur. Kalau menggunakan joran dengan spesifikasi medium-hard, kemungkinan besar udang akan lepas atau mocel.
  • b) Kail tipe akita kitsune atau sode, dengan ukuran 0,1 - 1. Model kail sebenarnya bebas, yang perlu Anda perhatikan adalah ukurannya.
  • c) Benang monoline kecil dengan ukuran 0,6 - 0,14 mm. Benang juga berpengaruh ketika memancing target ikan kecil.

Anda dapat menyesuaikan berapa ukuran timah untuk memancing udang kecil berdasarkan arus air sungai. Namun seringkali di pinggiran arusnya tidak terlalu kencang, jadi lebih baik menggunakan timah kecil.

cara memancing udang kecil
Memancing udang di sungai berarus dan air keruh

2. Main dengan Teknik Dasaran

Sebenarnya, cara memancing udang kecil di sungai bisa juga menggunakan teknik pelampung. Hanya saja, kalau di sungai terdapat arus akan lebih sulit. Sehingga Anda lebih baik main dengan teknik dasaran.

Teknik dasaran juga menjadi cara untuk memancing udang yang ukurannya lebih besar seperti udang galah. Untuk melihat umpan dimakan atau belum, Anda bisa melihatnya dari ujung joran yang super lentur tadi (slow action).

3. Umpan Cacing dan Cara Memasangnya

Lagi-lagi cara memasang umpan cacing untuk memancing udang kecil berbeda dengan memancing ikan. Jangan sampai cacing Anda sisa, potong cacing agar pas dengan menutupi kail.

Berdasarkan penggunaan cacing yang sangat hemat, sebenarnya Anda tidak perlu membawa banyak umpan. Cukup siapkan beberapa ekor cacing, bisa cacing merah, cacing tanah, cacing sawah, cacing fosfor, atau cacing lain yang berukuran kecil.

4. Cara Menarik Pancing ketika Umpan Dimakan Udang

Ingatlah bahwa udang tidak langsung menyambar umpan seperti ikan. Tetapi ia akan mencapit umpan Anda lebih dulu, pada saat udang mencapitnya maka ujung joran sudah bergerak. Anda jangan buru-buru mengangkatnya.

Tunggu sedikit lebih lama sampai ujung joran seperti ditarik. Nah, itu adalah tanda kalau umpan dan kail sudah mulai masuk ke mulut udang.

Ketika joran sudah seperti ditarik, angkat pelan dan jangan sentak joran. Nikmati proses menarik udang dan rasakan getaran sensasinya. Ini benar-benar luar biasa walaupun udangnya hanya berukuran kecil.

cara mancing udang kecil di sungai
Mendapat udang kecil di sungai dengan capit panjang

5. Melepaskan Udang yang Sedang Bertelur

Sebagai tips tambahan, sebaiknya Anda melepaskan udang yang sedang bertelur. Tujuannya agar populasi udang di spot memancing Anda tetap terjaga. Kalau yang bertelur tetap Anda ambil, nantinya hanya akan mengurangi jumlahnya secara drastis.

Itulah langkah-langkah sebagai cara memancing udang kecil di sungai agar dapat banyak. Dari penjelasan di atas faktor yang menentukan adalah piranti yang Anda gunakan, cara memasang umpan cacing, serta bagaimana Anda menarik joran ketika sudah dimakan. Ada saran dan masukan? Silakan tulis di komentar!

Posting Komentar

© Rasbora.ID. All rights reserved. Developed by Jago Desain